Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fatimah Binti Maimun, Sosok Wanita Islam Pertama di Nusantara

 

Fatimah Binti Maimun, Sosok Wanita Islam Pertama di Nusantara

Fatimah binti Maimun, tahukah kamu hai sobat Nurcha? Sebenarnya sosok wanita ini bukan asli penduduk Indonesia. Lah iya, ada dugaan ia datang sebelum datangnya wali songo yang menyebarluaskan agama Islam di Nusantara terkhusus jawa.

Mangkanya, ia jelas tentu bukan penduduk sini. Benar, ia berasal dari negeri Campa. Campa itu di mana sih? Ada di Selatan Vietnam. Di daerah sana juga ada Islamnya loh, pernah dengar kerajaan Funan kah?

Setelah itu mengapa bisa ke Indonesia? dan itu daerah mana sih Indonesia nya? Jaraknya dekat pokoknya kalau dari rumah, kalau mau tahu, baca artikel ini hingga akhir.

Aku yang terlahir di Gresik, tahu sejarahnya sekilas saja, dan pernah berkunjung langsung ke sana. Soalnya memang dekat jaraknya dari rumah, paling nggak sampai 10 menit, sebelah desa saya.

Kisah Siti Fatimah Binti Maimun Penyebar Islam

Islam tersebar luas ke Nusantara, lebih khusu ke Jawa memang salah satunya berkat Wali Songo. Ini dibuktikan dengan adanya makam wali di Surabaya. Tapi, kamu jangan lupa dengan kisah Fatimah Binti Maimun ini.

Maunya cerita ini, sebenarnya singkat saja sih, soalnya lagi diburu waktu. Eh tapi, kayaknya bakal seru kalau bahas tentang nama perempuan yang mengandung sejarah penyebaran Islam yang sangat penting ini.

Aku rasanya sangat hormat banget sama beliau, yang datang ke Indonesia tujuannya untuk menyebarkan agama Islam. Namun, rasa iba ini tiba-tiba menyergap. Karena beliau diuji sama Allah diberi penyakit lepra, penyakit ini menyebar sangat cepat.

Semua dayang dan y juga ikut terkena wabah ini, akhirnya semua pun meninggal dunia di desa tersebut. Hayo desa apa? Leran namanya. Memang desa itu sudah terkenal sejak zaman dahulu. Bahkan ketika setelah kedatangan Siti Fatimah, ada juga wali Allah yang mempunyai petilasan di daerah tersebut.

Nampaknya hingga sekarang, banyak tokoh Islam yang masih tinggal di sekitaran desa Leran. Hingga kini pun lingkungannya masih tetap agamis.

Oh iya, ada yang mengatakan bahwa, Siti Fatimah Binti Maimun belum sampai berhasil menyebarkan agama Islam di Leran.

Karena kepergiannya ke haribaan Allah begitu cepat. Sehingga hal ini pun wajar, malah kedatangan Wali Songo lah yang sangat berperan Islam begitu cepat menyebar luas di Nusantara.

Peninggalan Petilasan Islam dan Makam Siti Fatimah Binti Maimun

Aku nulis gini, bekalnya hanya ingatan atau memori yang pernah merekam kata Siti Fatimah Binti Maimun. Jadi, misalnya ada yang keliru, mohon dibenarkan.

Begini ceritanya, kalau ngomongin tentang kuncup dan beberapa bangunan yang berdiri di sekitar makam, ada sejarah yang harus disibak.

Sekilas, aku lihat di google udah banyak jejak tentang Siti Fatimah Binti Maimun. Namun aku mau bercerita sesuai versi yang aku ingat saja, jadi lebih enak nulisnya.

Bagungan yang sepertinya sangat lawas itu, iya lawas banget. Soalnya memang didirikan pas habis Siti Fatimah Binti Maimun meninggal.

Bangunan dan makam itu didirikan oleh salah satu keturunan Raja Majapahit, karena merasa ingin berbalas budi.

Kita masuk, akan disambut dua makam yang sangat panjang. Yups, di sana kamu akan melihat tulisan makam panjang Siti Fatimah Binti Maimun.

Daerahnya saja masuk di dusun Makam Panjang, karena memang dekat dengan area Siti Fatimah. Dua makam yang di awal itu, panglima. Begitu juga di area makam yang ada di sebelah dalam sana, bukan yang dikuncup loh ya.

Jumlahnya ada 4 makam berukuran panjang, dan 3 makam di area rumah kecil atau kuncup. Nah Siti Fatimah dan dayang-dayangnya saja ukurannya nggak panjang. hehe.

Jadi bukan ukuran panglimanya sangat tinggi, tapi menurut cerita, yang dimakamkan, beserta dengan senjata dan kuda yang ditungganginya.

Penutup

Sudah ya.... masih kurang puas? Nanti bakal ada lagi kok literasi tentang sejarah selain Fatimah binti Maimun yang bisa kamu baca.



Rumah Pena Nurcha (Nur Chafshoh)
Rumah Pena Nurcha (Nur Chafshoh) Hai guys, saya Nur Chafshoh, seorang blogger pemula yang haus ilmu. BTW Saya udah emak-emak yang sedang ingin melampiaskan hobi nulis, apalagi sekarang tentang niche Sejarah nih tentunya nanti pasti ngarahnya pendidikan. Jika ingin mengerti tentang detailku untuk kerjasama langsung inbox di email yang ada. Atau cukup tinggalkan komentar, terimakasih atas perhatiannya.

Posting Komentar untuk "Fatimah Binti Maimun, Sosok Wanita Islam Pertama di Nusantara"