Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenalan Yuk, Indscript, Teh Indari Mastuti dan IIDB Siapa Mereka?


Dunia kepenulisan di era digital yang lebih canggih, ternyata memang bikin nagih. Nagih apa nih? Nagih belajarnya dong. Hehe.

Kamu tidak mau mengejar ketertinggalan dengan teknologi yang hebat, asli deh bakal ditinggal para klien, atau cuanmu semakin menipis di dompet, sedih nggak tuh?

Oh iya Sobat Nurcha, kamu nggak usah gelisah sih, ada Indscript yang siap jadi Bestiemu, loh! Aku juga ngintilin Indscript, ternyata seru.

Mendapat Cuan Artikel Lewat Indscript Cuan Lagi Lewat Foodea

Aku ikut Indscript memang baru-baru ini sih, akhir tahun 2022 yang lalu. Meskipun sebelumnya, aku udah pernah dengar komunitas IIDN yang punya kepanjangan Ibu-Ibu Doyan Nulis, tapi cuman lewat doang, lihat websitenya, gabung, terus aku terlalu sibuk ngurusin yang lain.

Itu kira-kira 2019, sih, termasuk baru kan ya dengarnya tidak saat IIDN berdiri yaitu di tahun 2014 yang lalu. Yups, ketika tahun 2014, aku mah masih sibuk kuliah, dan nggak tahu ada komunitas khusus perempuan yang bisa membuat kita lebih berkembang dengan segenap kreativitas.

Nah tahun 2019 itu, aku kan cuman lewat saja. Di mana tahun tersebut, diri ini mengawali karir sebagai penulis artikel freelance di salah satu jasa atau agency artikel, jadi menulispun masih belepotan, untuk sebuah artikel yang diakui bagus.

IIDN juga masih belum terlalu aku lirik, karena aku belum tahu, bahwa seorang perempuan membutuhkan wadah atau komunitas untuk selalu bertumbuh, tahunya, ternyata dunia kepenulisan itu seru, karena bisa menghasilkan.

Namun seiring berjalannya waktu, setelah tahu tentang perjoban artikel, menjadi seorang content writer, ternyata lebih seru lagi kalau kita juga seorang blogger, banyak job yang bergentayangan, haha.

Memang sih untuk mendapatkan job blogger, juga tidak mudah guys. Kamu masih butuh menambah performa blog, baik dari segi banyaknya tulisan, konsistensi, bahkan sampai kelimuan menulis artikel, perawatan blog juga perlu dilakukan. Sehingga menuntut aku buat masuk ke banyak grup atau komunitas menulis khusus untuk para blogger.

Nah gara-gara ini nih, ada yang nyolek kami, sebagai para blogger, untuk masuk ke jobnya Indscript, job liputan tentunya.

Jadi nanti kami mendengarkan serta melihat video dari kliennya Indscript, lalu dipahami, dan ditulis ulang sesuai dengan apa yang kita pahami, dengan gaya bahasa yang menarik.

Salah satunya menulis tentang Ko Denny Santoso. Bisa dilihat di Alfattahparenting.com ya guys.

Waktu itu sih cuannya.. emm... Rahasima, eh rahasia ya. Ada lumayan lah buat beli popok bayi sebulan, hehe.

Gara-gara dapat job, akhirnya aku sadar, kalau ada Indscript yang selalu di hati, ah jangan bikin sedih dong, aku kudu nangis nih Sobat Nurcha.

Gimana ya, banyak job yang selalu berdatangan dari sana. Teteh Indari, selaku pemilik Indscript, memang memiliki tujuan untuk memberdayakan wanita dan ngasih cuannya supaya para wanita jadi lebih bersemangat berkarya dan berusaha kreatif dalam menghasilkan, dan ibu rumah tangga pun bukan hanya status atau gelar yang bikin mandeg berusaha menghasilkan.

Nah habis dari jadi peliput, yang tentunya nggak sekali sih waktu itu, aku juga dapat lagi nih cuan dari Aplikasi Foodea. Habis masak, terus bikin tulisan resepnya, dan diuploud ke google form serta aplikasi Foodea.

Cuan lagi deh, aku dapat kurang lebih 500 ribuan, mantap jaya kan? 

Dari sini, aku tersadar, bawa komunitas menulis seperti IIDN itu sangat penting. Bagi yang suka nulis nih ya, bagi yang enggak suka, bisa masuk ke IIDB aja ya Sobat Nurcha.

Kenalan Juga Yuk di IIDB

Apa lagi nih, IIDB.. haha.. ya kepanjangannya, Ibu-Ibu Doyan Bisnis. Lebih mantap kan? Jualan apa dong, kan Teh Indari Expertnya di kepenulisan.

Baiklah, aku mau jelaskan. Siapa sih Teh Indari itu? Saya nggak nyontek ya, lagi kepingin nulis tentang Teteh dengan bahasaku sendiri dan sepemahamanku selama ngintilin Teteh di Facebook, instagram dan lainnya.

Indari Mastuti, dengan kata sapaan yang akrab "Teh Indari" ini adalah salah satu perempuan yang berasal dari Bandung dan telah dikenal banyak orang, terutama di dunia kepenulisan dan juga dunia bisnis. Ia lebih dikenal pro wanita, atau berusaha banget memberdayakan wanita, bahkan sudah menggerakkan para wanita yang jumlahnya ratusan untuk menulis bareng, dan diajari juga cara menjualnya.

Tahun 2014 yang lalu pun berdiri IIDN, kemudian ada juga sekolah perempuan yang didirikan oleh Teh Indari untuk mengajarkan dunia kepenulisan. Dari sini banyak terlahir penulis perempuan yang andal dan bisa membawa alumninya menjadi penulis expert juga.

Tapi, di sisi lain, Teh Indari akan selalu berupaya untuk mengajak teman-teman penulis agar bisa menjual bukunya sendiri. Apa lagi nih, setelah adanya dunia online, semua jadi lebih mudah dan punya tantangan tersendiri.

Apa tantangannya? Penjualan online sangat memangkas penerbitan mayor, karena penjualan buku menurun drastis, banyak yang lebih suka mengkonsumsi buku daring atau dalam bentuk file semisal pdf.

Namun di sisi lain, Teteh berusaha menyadarkan bahwa hal itu bukan sebuah halangan, kita bisa juga jualan buku sendiri, apa lagi yang menerbitkan buku di penerbit Indie. Meski dalam bentuk pdf pun tetap boleh dong dijual.

Ibu-Ibu Doyan Bisnis bisa juga jualan buku. Bahkan yang tidak menulis buku, bisa juga menjualkannya. Tidak hanya itu, Teteh juga mengajarkan jualan yang lainnya. Mangkanya, Teteh selalu update di facebooknya, ia menggunakan teknik Story Telling dalam berjualan.

Sebenarnya itu bukan untuk dirinya saja, tetapi mencontohkan kepada kita semua, sebagai tim Indscript dan juga IIDB dan lainnya, bahwa jualan yang bagus itu sebenarnya dengan membranding diri sesering mungkin.

Aku aja terbius kok, hihi. Oh ngomongin IIDB ya, di facebook ada komunitasnya, di grup ya Sobat Nurcha. Kalau kurang mantengin grup atau jarang buka fb, bisa juga di Whatsapp. Lebih intens buat lihat arahannya.

Intinya IIDB ini, Teteh ngajarin buat para emak-emak supaya rajin mengoptimasi bisnisnya, dan harus mau buat melek digital. Eh soal melek digital mah, aku tulis buat bahan besok aja ya say.

Soalnya bakalan sering nih up artikel lagi di Nurchafshoh.my.id, stay tune ya guys.

Kayaknya sekian dulu dari Aku sebagai pengelola dan pemilik blog ini, nanti bakal sharing banyak terkait Indscript dan Teh Indari Mastuti, karena pengen ikut merayakan Miladnya Indscript yang sebentar lagi nih, salam..

#IndscriptCreative #Indari Mastuti #Indscript Bandung


Rumah Pena Nurcha (Nur Chafshoh)
Rumah Pena Nurcha (Nur Chafshoh) Hai guys, saya Nur Chafshoh, seorang blogger pemula yang haus ilmu. BTW Saya udah emak-emak yang sedang ingin melampiaskan hobi nulis, apalagi sekarang tentang niche Sejarah nih tentunya nanti pasti ngarahnya pendidikan. Jika ingin mengerti tentang detailku untuk kerjasama langsung inbox di email yang ada. Atau cukup tinggalkan komentar, terimakasih atas perhatiannya.

Posting Komentar untuk "Kenalan Yuk, Indscript, Teh Indari Mastuti dan IIDB Siapa Mereka?"