Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Waktu Awut-Awutan untuk Para Emak Ala Teh Indari

 

Sumber: Channel Youtube Rumah Teh Iin

Sobat Nurcha, sebagai pebisnis lebih tepatnya mompreneur yang sangat sibuk dengan banyak kegiatan. Baik kegiatan mengurus rumah, atau menjalankan pekerjaan freelance sebagai penulis artikel dan juga blogger. Ternyata menguras tenaga dan pikiran, bahkan sampai lembur-lembur buat menyelesaikannya.

Bagi para Emak, bisnis yang digarap di rumah, kalau tidak pandai memanage, akan kualahan, kayak aku, jujur!

Durasi kerja di luar rumah, dengan di dalam rumah, bisa sangat njomplang, salah satu penyebabnya karena owner nya kurang pintar meringkas pekerjaan dan tidak ada target penyelesaian.

Aku baru sadar, saat jadi buntutnya Teh Indari Mastuti. Tanpa disengaja, sebagai sesama perempuan yang juga bekerja memegang sebuah bisnis milik sendiri, dan dikerjakan di rumah, ternyata mindset positif Teteh nular loh ke aku, ya meskipun masih bisa praktekkan sebagian sih.

Tips Manajemen Waktu Awut-Awutan Buat Para Emak

Waktu adalah hal yang sangat berharga. Bahkan orang Jepang saja menganggap waktu diartikan sebagai uang. Yups, memang benar sih, kehilangan waktu bisa saja ia kehilangan uang. Tapi menurutku, tidak hanya uang, bahkan hal yang lebih besar lagi.

Misalnya, Emak nggak bangun subuh atau sebelum subuh, ada banyak yang hilang loh Mak, termasuk rezeki. Adapun tips manajemen waktu buat para Emak, sudah diuploud Teteh sejak 4 tahun yang lalu, bisa dicek di sini ya.

Kalau mau tahu ringkasannya, yuk baca ini sampai selesai:

1. Bikin Peta Mimpi


Membuat Peta Mimpi diwajibkan bagi kita semua, termasuk Sobat Nurcha jika ingin waktu yang kita punya tidak berantakan.

Apa sih Peta Mimpi itu? Sebuah angan-angan yang ingin kita capai dalam waktu tertentu. Ada yang dalam jangka panjang, atau pendek.

Peta mimpi ini sangat bebas buat para Emak untuk eksplore diri ya Mak. Jangan minder dan bilang tidak mungkin bisa kebeli ini dan itu, jangan malu buat merealisasikannya. Hanya saja, tetap takar kemampuan demi kewarasan mental Anda sih.

Tapi untuk nulis mimpi-mimpi, tetap saja tulis guys. Kalau Anda kuat buat kejar, insyaallah akan tercapai, tanamkan di dalam pikiran, dan benahi mindset.

Di dalam peta impian, Anda bisa memasukkan mimpi-mimpi yang sangat menyenangkan. Untuk realisasi, kejarnya nanti bisa ditulis di target pencapaian.

Antisipasi kewarasan mental nih, di dalam youtube arahan Teh Indari, kita bisa memasukkan 7 aspek kehidupan yang harus dicapai. Ini adalah cara terbaik, karena yang kita kejar, sesuai dengan keseimbangan kehidupan, tidak hanya mengejar 1 sisi saja.

Silahkan diamati ya gambar aku.

2. Target Pencapaian

Punya target harian yang harus kita laksanakan, tentu saja wajib guys, tapi ditakar juga sesuai kemampuan. Target harian, nanti bisa ditulis di aktivitas harian ya.

Apapun kondisinya, supaya kita bisa meraih impian, harus tegas dengan jadwal, intinya, kita harus lari kenceng!

Aku udah nulis juga loh target harian, bisa disimak ya. Target harian ini, tujuannya memantau kinerja dan keuangan para Emak.

Misalnya mau ngumpulin budget buat jalan-jalan, bisa dikejar di target harian. Kalau masih aja nih kok kelolosan, tulis aja, cantumkan di situ sebagai hutang, besoknya harus lebih semangat lagi cari cuannya.

Dengan kejar-kejaran kayak gini, Anda akan punya banyak energi dan selalu semangat dalam bekerja.

Jangan lupa pula guys, target harian ini dilakukan, juga untuk memenuhi target jangka panjang. Jadi kalau nulis peta mimpi, atur juga sebuah mimpi yang tujuannya untuk jangka panjang, misalnya kamu punya impian umroh, tulis aja umroh di tahun 2024 (misal), durasi berapa bulan? 12 bulan? Tinggal bagikan aja sebulannya butuh duit berapa, tinggal dikejar untuk sehari harus ngumpulin berapa.

Nah, nanti aku kasih contoh target pencapaianku ya guys. Itu hanya contoh sih, soalnya aku malu spil target pencapaian terbaru. Hihi.

3. Aktivitas Harian

Sudah bikin peta mimpi? Lalu target pencapaian? Sebelum ke target pencapaian, kita harus tuliskan aktivitas harian dulu nih. Karena nanti sehari, kudu ngejar apa aja, yang kira-kira mencapai budget hariannya. Misanya sehari harus ngumpulin duit, 120 ribu, agar keperluan bulanannya tercapai.

Tulis aja dulu di aktivitas harian ya guys. Aktivitas, dibikin sesuai target keuangan yang ingin dicapai. Misalnya sehari butuh 120 ribu, jadi Anda harus list pekerjaan apa saja yang bisa mencapai 120 ribu itu.

Misal nih Mak, aku kan seorang penulis artikel, ambil aja pekerjaan menulis yang bisa digarap dengan total sesuai kebutuhan.

Kalau bisa dilebihin, biar ada uang untuk jatah tabungan, buat keperluan yang tak terduga. Misal bowo (acara nikahan) dan lain sebagainya.

Aktivitas harian mah kudunya rapi, dengan warna-warni kayak punya Teh Indari juga boleh. Bisa juga sesuai selera aja sih.

Jika Anda masih bingung dengan konsep yang aku ceritakan, langsung saja tonton informasi lengkap melalui channel youtube Teteh.

Solusi Manajemen Waktu Awut-awutan Buat Emak-emak guys

Sumber: Channel Youtube Rumah Teh Iin

Cara Mengatur Hati Saat Bersitegang dengan Kegiatan dan Masalah

Mengatur jadwal sedemikian rupa, jangan lupa juga mengatur hati yang selalu saja bersitegang dengan masalah.

Namanya juga hidup, ya kan? Sudah pasti ada masalah yang selalu harus dihadapi. Apa lagi, jika Emak sudah punya keluarga, baik anak, suami, atau keluarga besar yang tinggal serumah semisal mertua dan lainnya.

Mengatur hal itu, Anda harus melingkari dengan besar dan meyakini, bisnis adalah bisnis, keluarga adalah keluarga.

Jika ingin profesional di bidang bisnis, Anda Mak, harus tegas. Jangan jadikan keluarga alasan untuk tidak bekerja, tapi demi keseimbangan, ada hal-hal tertentu yang harusnya Emak ngalah dan sementara meninggalkan bisnis dengan durasi sementara.

Jika pekerjaan di bisnis Anda dilakukan secara freelance, tunda waktu sementara, kerjakan nanti di saat longgar.

Loh Mak, kok nggak konsisten sih dengan perkataannya? Katanya harus tegas? Iya, benar, harus tegas, untuk itu, kembali lagi, ambillah pekerjaan sesuai dengan kemampuan.

Bikin peta mimpi sesuai kemampuan Emak ya, bukan hanya soal kejar duit dengan jumlah yang banyak agar cepat tercapai target. Emak juga kudu lihat nih, di rumah itu ada siapa saja? Kalau ceritanya gabung sama mertua, berarti kerjanya kudu lebih gass lagi, mulai di pagi hari, sebelum subuh.

Biar nanti bisa lebih leluasa kerjakan pekerjaan rumah, nggak mau kan Emak kena semprot mertua perempuan? Maksudnya kitanya kudu sadar diri, tidak hidup sendirian Mak, jangan baper mulu.

Tapi juga kudu tegas sih, bisnis adalah pilihan ya Mak! Oh iya, kalau yang datang itu masalah yang bertubi-tubi, harusnya sekuat diri tetap konsentrasi dengan bisnis, tetapi sambil mikir tentang kesalahan diri, kita harus berbenah, apa yang salah.

Teh Indari dan Visi-Misinya

Ngomongin soal tips manajemen waktu yang sudah aku bahas di atas, di mana aku nyontek tipsnya Teh Indari yang bersumber dari channel youtube Rumah Teh Iin, ternyata ia memang layak ditiru deh buat para Emak.

Pasalnya, ia punya bisnis yang banyak, baik dari bisnis yang dihandel sendiri, Indscript Creative, bahkan juga ikut membantu bisnis suaminya dan diwariskan ke Ammar putranya. Jika ada yang kepo dengan bisnis Indscript Creative, aku jelaskan visi-misinya ya!

Pejuang wanita, Teh Indari sangat perlu didukung nih guys. Selain selalu mengajarkan kegiatan yang bermanfaat, tips memanage waktu yang awut-awutan, pemilik Indscript Creative ini juga membawa Visi-Misi tersendiri yang harus Anda tahu. Visi-Misi ini disematkan dalam bisnisnya, Indscript Creative.

Ini dia, yuk baca:

Visi:

- Menjadi perusahaan jasa penulisan story telling yang membantu berbagai perusahaan untuk menyampaikan pesan yang mengedukasi namun dengan pola yang menyenangkan (entertaining)

- Menjadi perusahaan yang melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya story telling dalam bisnis

Misi:

- Mengoordinasikan kebutuhan penulisan yang menguatkan hubungan sedekat persahabatan

- Menghasilkan tulisan berkualitas dan membantu para klien untuk mendekatkan diri pada pasar yang dituju

- Menjadi partner berbagai perusahaan dalam melakukan kampanye melalui story telling yang bisa meningkatkan branding dan selling

Indscript punya jasa apa saja sih? Yuk ketahui juga:

Jasa Pendampingan Penulisan Buku Solo

Jasa pendampingan penulisan buku solo ini menjadi jasa yang sangat digemari banyak orang, terutama di kalangan pebisnis. Karena harganya yang begitu fantastis, hingga belasan juta.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena yang minat, akan diajarkan juga cara menjualnya.

Jasa Pembuatan Story Telling

Jasa pembuatan story telling perjalanan juga tidak kalah menariknya dengan jasa Teh Indari yang lain. Anda sedang melakukan perjalanan, dan ingin diabadikan dalam sebuah website, Tim Teh Indari sangat siap buat action mengerjakan tulisan perjalanan dengan model story telling.

Jasa Pembuatan dan Penulisan Konten Website

Konten website, akan lebih menarik lagi jika ditulis oleh orang yang sudah ahli. Begitu juga dengan pembuatan website yang apik dan menarik, Teh Indari melalui Indscript Creative, punya Tim untuk eksekusi hal itu.

Jasa Buku Antologi untuk Expert

Ada yang tahu buku antologi? Orang yang sudah expert di bidangnya, bagus juga loh bikin buku antologi. Indscript Creative sudah menyediakan jasanya untuk Anda Mak.

Jasa Penulisan dan Desain Bahan Promosi

Sudah saatnya sebagai konten kreator, berupaya memberikan karya terbaik. Apa lagi, jika Anda adalah owner bisnis, tunjukkan hasil desain terbaik di sosial media yang Anda kelola, bisa dengan cara memilih jasa Indscript Creative di bidang jasa penulisan konten sosmed dan sekalian dengan desainnya.

Tulisan copywriting yang menarik, sangat bagus loh untuk promosi, akan membuat pelanggan Anda semakin lengket.

Jasa Penulisan Ghostwriter

Mak, ada yang tahu Ghostwriter itu apa? Ada yang ngomong sih, itu penulis hantu, eh maksudnya penulis bayangan Mak. Maksudnya begini, aku nulis, tapi tanpa menggunakan namaku sebagai penulis, tapi atas nama klien.

Jadi penulis bayangan ini tugasnya menuliskan suatu karya untuk kliennya, nanti yang berhak memiliki ya klien itu, apa Mak tertarik?

Jasa Pembuatan Company Profile

Company profile untuk bisnis kudu menarik Mak, supaya bisnis itu bisa jadi magnet buat para pelanggannya. Nah Teh Indari ada jasa khusus untuk pembuatan company profile.

Jasa Pembuatan Artikel

Di atas sudah disebutkan jasa pembuatan website penulisan konten websitenya, tapi di sini yang membedakan adalah khusus artikel aja.

Kalau tadi konten website, di mana jasa itu selain bikin webnya, juga bisa sekalian kelola website nya, dibikinkan artikelnya.

Nah jasa pembuatan artikel, Anda bisa beli artikel secara lepas, jadi artikelnya saja.

Jasa liputan blogger

Terakhir, Mak juga bisa memilih jasa liputan blogger sebagai pilihan. Anda seorang Emak yang merangkap bisnis? Bisa banget nih diliput oleh Blogger Indscript.

Kesimpulan

Wah sudah saatnya nih di ujung obrolan tentang tips memanage waktu yang awut-awutan banget buat para Emak.

Mau sedikit memberikan kesimpulan tentang apa aja yang kita bahas hari ini. Ternyata menjadi Emak itu sangat tidak mudah guys, kudu ada managerial waktu yang tepat dan tegas.

Sudah diatur sedemikian rupa agar kita bisa memenuhin target, eh tapi empunya diri malah malas-malasan sambil selonjoran scrool hp. Aduhai banget itu, kadang aku juga gitu, tapi balik lagi evaluasi diri, mangkanya Teh Indari menghadirkan target pencapaian, jika tidak sesuai, harus ditulis hutang.

Jika target kita meleset karena permasalahan internal dari rumah, hati kita kudu siap berbenah, tipsnya juga sudah aku tulis ya. Bagaimana dengan Teteh?

Teh Indari dengan segudang bisnis yang di manage saja bisa kok tetap balik lagi semangatnya, masak kita lemah sih, yuk bangkit lagi.

#IndscriptCreative

#IndariMastuti

#IndscriptBandung

#OneDayOneArticle

#Tipsmengaturwaktu



Rumah Pena Nurcha (Nur Chafshoh)
Rumah Pena Nurcha (Nur Chafshoh) Hai guys, saya Nur Chafshoh, seorang blogger pemula yang haus ilmu. BTW Saya udah emak-emak yang sedang ingin melampiaskan hobi nulis, apalagi sekarang tentang niche Sejarah nih tentunya nanti pasti ngarahnya pendidikan. Jika ingin mengerti tentang detailku untuk kerjasama langsung inbox di email yang ada. Atau cukup tinggalkan komentar, terimakasih atas perhatiannya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Waktu Awut-Awutan untuk Para Emak Ala Teh Indari"